Friday, November 30, 2012

Cara Membuat Button/Tombol Sederhana pada Adobe Flash CS4 untuk CD Interaktif


Hai Sobat Bloger, Kali ini Indra96 akan berbagi sebuah tutorial tentang cara membuat Button/Tombol Sederhana pada Adobe Flash CS4 untuk CD Interaktif. Tombol sangat berguna dalam pembuatan CD Interaktif salah satunya sebagai penghubung antara tampilan 1 dengan tampilan lainya. Misalnya ketika kita ingin melihat isi tampilan profile maka kita tinggal klik tombol bertuliskan Profile. Oke daripada banyak omong mending langsung saja simak tutorial berikut ini.
#1. Buka Software Adobe Flash lalu buat flash file dengan action script 2.0.



 #2.  Buat Sebuah Kotak dengan menggunakan Rectangle Tool dengan Warna Abu Gelap atau Kode warna : #333333.



#3. Buat Sebuah Text Misalnya : Home dengan menggunakan Text Tool dengan Warna Putih lalu atur ukuran dan tempatkan di tengah kotak yang sudah kita buat pada langkah ke 2.


 #4. Blok objek kotak dan text lalu tekan CTRL + G untuk menggroupkannya agar text dan kotak tsb menjadi satu.

#5. Klik kanan pada objek lalu pilih Convert to Symbol, lalu akan muncul jendela baru untuk menentukan nama dan tipe simbol, pada pilihan ‘Type  symbol ‘ ubah menjadi ‘Button’ lalu klik OK.



#6. Double Klik ( Klik Ganda ) pada Objek maka document windows akan berada pada Symbol 1 (sesuai dengan nama yang kita tentukan). Pada Timeline terdapat empat property pada layer yaitu Up, Over, Down dan Hit. Kita klik pada pilihan OVER lalu klik kanan -> Insert Keyframe.



#7. Ubah Ukuran Objek dengan menggunakan Free Transorm Tool, Agar posisinya masih sama dengan keyframe pada pilihan ‘Up’ kita tekan SHIFT sambil mengubah ukuranya menjadi lebih besar. 






#8. Klik Kanan pada Pilihan ‘Down’ lalu Klik Insert Keyframe seperti pada langkah ke 6, lalu ubah ukuranya menjadi lebih kecil dengan menggunakan Free Transform Tool dan sambil menekan SHIFT pada saat merubah ukurannya seperti pada langkah ke 7.


#9. Untuk melihat hasilnya, klik pada menu ‘Control -> Test Movie’ atau CTRL + ENTER pada Keyboard. Maka Hasilnya :



Supaya lebih menarik anda bisa mengganti warna objek pada pilihan ‘Up, Over, dan Down’ atau Mengganti Objek dengan Gambar  yang bisa kita buat dengan Photoshop, Corel DRAW dll. Tinggal mengaplikasikannya pada pembuatan CD Interaktif.
Sekian tutorial kali ini mudah-mudahan bermanfaat, Sampai Jumpa di tutorial Berikutnya..
^_^ Trima kasih !!..




Cara Membuat Button/Tombol Sederhana pada Adobe Flash CS4 untuk CD Interaktif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indras

4 comments:

Post a Comment

Popular Posts