Thursday, October 16, 2014

Tutorial Scratch, Membuat Objek Bergerak Berdasarkan Tombol Arah pada Keyboard



Hallo, selamat siang sobat blogger, pada kesempatan kali ini indra96 akan memberikan tutorial tentang Scratch. Scratch adalah sebuah bahasa pemrograman untuk lingkungan belajar yang memungkinkan pemula untuk mendapatkan hasil tanpa harus belajar menulis sintaksis yang benar terlebih dahulu (Wikipedia). Tutorial kali ini adalah membuat sebuah objek bergerak bila mana kita menekan tombol arah pada keyboard, baik itu ke atas, bawah, kanan ataupun kiri. Oke, langsung mulai saja tutorialnya.

  1. Buka Program Scratch terlebih dahulu, disini saya menggunakan program scracth versi 2. Bagi yang belum memiliki program Scratch, anda bisa mendownloadnya secara gratis pada http://scratch.mit.edu
  2. Pada program tersebut akan muncul secara default objek berupa gambar kucing, bisa dilihat pada gambar berikut.



    Disini saya menggunakan objek bawaan dari program tsb, tapi anda bisa menggantinya dengan objek lain, atau menggunakan gambar milik anda sendiri.
  3. Pada tab Script, klik pada pilihan Events, lalu drag objeck bertuliskan When Clicked ke area script seperti gambar berikut.



    Script diatas berfungsi untuk menjalankan script ketika Bendera Hijau di klik.
  4.  Klik pada pilihan Control, lalu drag object bertuliskan Forever, untuk memberikan perintah perulangan secara terus menerus.
  5.  Masih pada pilihan Control, drag objek bertuliskan If Then, untuk memberikan pengkondisian.
  6.  Lalu klik pada pilihan Sensing, dan drag objek bertuliskan "Key [space] Pressed ?" kedalam objeck if then tadi, dan ubah keynya dari space menjadi Up Arrow, untuk memberi pengkondisian ketika tombol arah atas di tekan.
  7.  Masuk ke pilihan Motion, lalu drag objek bertuliskan "Change y by 10",  untuk memberikan perintah bergerak ke atas sejauh 4 koordinat y, dan ubah nilai 10 menjadi 4.
  8.  lalu masuk ke pilihan Looks, dan drag objek bertuliskan "Next Costume", untuk membuat objek tadi berganti costume, sehingga terlihat sepeti menggerakan kaki.

    Berikut adalah costume yang tersedia pada objek yang saya pakai.
  9.  Selanjutnya kita akan membuat objek tersebut bergerak ketika arah bawah ditekan, untuk mengefektifkan waktu, kita duplicate saja script sebelumnya untuk pergerakan ke atas. Caranya klik kanan pada script if then, lalu pilih duplicate dan atur posisinya dibawah script if then tersebut.

  10.  Setelah itu, ubah key up arrow menjadi down arrow, juga pada change y by 4 kita ubah juga menjadi -4 untuk arah sebaliknya, seperti gambar berikut.
  11.  Selanjutnya kita tambahkan script untuk membuat objek tersebut bergerak maju ketika tombol arah kanan ditekan. duplicate kembali script yang tadi dan ubah keynya menjadi right arrow seperti berikut.
  12.  hapus change y by -4 dan next costume pada key right arrow dengan mendragnya keluar area. dan tambahkan script change x by 10 pada pilihan motion dan ubah nilainya menjadi 4, maksudnya adalah agar ketika tombol kanan di klik maka objek tersebut akan bergerak sejauh 4 koordinat x.

  13.  Tambahkan kembali script next costume untuk memberikan kesan pergerakan.
  14.  Terakhir, kita tambahkan script untuk membuat objek tersebut bergerak ke arah sebaliknya ketika tombol kiri di tekan. Duplicate script if key right arrow pressed ? lalu tempatkan dibawahnya dan ubah key nya menjadi left arrow dan change x by 4 menjadi -4.

     
  15.  Dan berikut adalah keseluruhan script untuk membuat objek bergerak berdasarkan tombol arah pada keyboard.
 Untuk mencobanya apakah script tersebut jalan atau tidak, klik icon bendera hijau seperti gambar berikut dan cobalah tekan arah manapun yang anda mau, jika objek tersebut bergerak berarti script anda berhasil.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ^_^ , salam !!

Tutorial Scratch, Membuat Objek Bergerak Berdasarkan Tombol Arah pada Keyboard Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indras

6 comments:

  1. Waw.. Maklumatnya padat bener dan sangat mudah dipahami

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. kamu tinggal pencet logo berwarna merah bentuk segi delapan yg tulisan nya stop di atas gambar kucing itu😊

      Delete
  3. saya sudah mengikuti step by step nya, tapi kok saat saya pencet tombol Go, kok nggak jalan ya kak?πŸ™ƒπŸ˜°

    ReplyDelete
  4. terima kasih pak, konten ini membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts